Rabu, 22 September 2010

Cara Orang Belajar Bahasa Inggris

Bayak sekali orang yang ingin belajar bahasa Inggris tapi mereka bingung mencari cara belajar yang cocok itu sebenarnya bagaimana. Sudah banyak cara telah mereka lakukan tapi hasilnya tetap saja begitu-begitu saja tidak ada peningkatkan yang cukum menyenangkan. Banyak dari mereka yang beranggapan kalau dirinya memang sama sekali tidak berbakat dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris ibarat belajar matematika,harus banyak mengingat rumus-rumus, harus ini dan itu dan malah akhirnya bikin pusing kepala.

Wah susah amat ya orang belajar bahasa Inggris, padahal bahasa itu kan simbol untuk menggungkapkan sesuatu, suara untuk menyebut sesuatu. Jadi kalau kita belajar bahasa tentunya kita belajar menyebut sesuatu, belajar ngomong, belajar memproduksi suara yang kita keluarkan dari mulut kita. Bukan belajar yang lain, tidak harus menghafal rumus-rumus yang njrimet seperti belajar matematika, itu sih bukan belajar bahasa namanya tapi belajar struktur bahasa. Kalau anda pemula seperti saya tentu saja merasa kesulitan kalau disuruh menghafal begitu banyak rumus seperti itu? Malah akhir2nya bikin pusing kepala. Kita tidak akan mengalami kesulitan seandainya kita tahu jalan yang harus ditempuh untuk belajar bahasa yang betul itu bagaimana, jangan asal langsung belajar tapi tidak tau arah malah akhirnya banyak mengalami kesulitan.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan orang untuk belajar bahasa Inggris. Banyak dari mereka yang mencoba menghafal kamus, bernyanyi bahasa Inggris, beli buku2 bahasa Inggris (hanya di beli), memakasa menulis dalam bahasa Inggris, privat bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris, kuliah bahasa Inggris dll. Tapi semua itu tergantung dari diri pribadi masing2. Kalau anda enaknya belajar bahasa Inggris dengan bernyanyi pertahankan cara itu untuk belajar. Kalau anda belum menemukan cara yang pas, terus anda cari cara sampai anda menemukan cara yang paling pas dan paling cocok untuk anda belajar.

Cara apapun yang dipakai seseorang untuk belajar bahasa Inggris itu yang penting pada akhirnya anda bisa bebahasa Inggris. Bisa bukan sekedar bisa tapi anda mampu untuk berbicara berbahasa Inggris, mampu untuk mengajari anak, mampu untuk menghasilkan uang tambahan dari bahasa Inggris, bahkan bisa menjadikan bahasa Inggris sebagai aset utama keuangan keluarga anda. Senang kan kalau kemampuan bahasa Inggris anda lancar bak air yang mengalir? Senang juga kan kalau keuangan anda juga lancar bak air yang mengalir karena anda berbahasa Inggris? Airnya jernih lagi... Sudah banyak buktinya kalau kelihaian seseorang bisa berbahasa Inggris itu bisa menjadikan seseorang terlepas dari kesulitan ekonomi.

Tapi tentu saja semua itu tidak semudah kita membalik telapak tangan. Untuk sukses belajar bahasa Inggris itu tak terlepas dari NIAT anda yang sangat kuat. Tanpa ada NIAT, belajar bahasa Inggris anda saya yakin akan sangat lama bahkan berhenti di tengah jalan. Sudah banyak buktinya, anda belajar bahasa Inggris mulai dari SD, SMP, SMA sampai kuliah namun jika di tanya “Apakah bahasa Inggris anda bisa diandalkan?” jawaban mungkin “sedikit-sedikit, lumayan, saya bisa tapi gak aktif conversation”. Itu semua semata-mata hanya kurang niat. Buat apa ada belajar bahasa Ingggis namun jawabannya seperti itu? Anda bayangkan, berapa besar biaya yang anda keluarkan untuk hasil jawaban mengecewakan seperti itu.

Yang kedua setelah niat adalah RAMBU-RAMBU anda belajar bahasa Inggris. Ada niat tapi gak punya rambu2 itu akan membuat anda tersesat dan mengalami kesulitan ditengah jalan. Rambu-rambu ibarat silabus kalau dalam dunia pendidikan. Silabus itulah yang akan menuntun anda belajar bahasa Inggris sampai anda bisa dan benar-benar bisa bahasa Inggris tidak asal bisa saja. Jika anda belajar mandiri seharusnya anda menentukan langka-langkah/rambu-rambu sebelum anda mulai belajar bahasa Inggris. Anda bisa buat sendiri atau mencari referensi ke teman yang sudah advance bahasa Inggrisnya. Saya yakin teman anda bisa memberikan referensi untuk membantu anda.

Jika anda tidak mau repot belajar mandiri, harus membuat/mencari rembu-rabu dan mencari referensi ke teman sebelum anda memulai belajar bahasa Inggris, saran saya anda bisa mengikuti kursus atau kuliah bahasa Inggris. Bagi yang berduit tentu saja jalan kuliah atau kursus bukan hal yang berat. Kalau anda mengikuti kursus bahasa Inggris, anda tidak perlu repot-repot membuat silabus/rambu belajar karena dari pihak sana sudah pasti disiapkan, anda tinggal mengikuti saja belajar dan belajar.

Semua masalah pasti ada jalan yang lebih baik, anda tidak bisa kuliah atau kursus di luar sana mungkin ini bisa menjadi solusi permasalahan anda. Untuk belajar bahasa Inggris tidak perlu repot dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang begitu banyak. Dijaman teknologi seperti ini kursus bahasa Ingris bisa dilakukan secara online, selain online juga biayanya yang sangat murah. Dengan sedikit menyisihkan uang jajan, anda sudah bisa mengikuti kursus online ini. Silahkan anda langsung saja TKP di Kursus Bahasa Inggris Online bersama pakarnya. Saya yakin anda tidak akan kecewa dengan kursus ini.

Jadi cara apapun yang anda pakai untuk belajar bahasa Inggris saya percaya pasti akan membawa kesuksesan jika sudah ada NIAT yang sangat kuat dalam hati anda. Setelah niat tentu saja anda harus benar-benar mengerjakan apa yang anda niatkan tersebut tidak hanya dengan sekedar niat2 saja tapi actionnya gak ada. Berhenti anda untuk bermimpi jika tidak ada tindakan untuk mencapai mimpi anda tersebut. STOP DREAMING START ACTION...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar